homepage

Kamis, 27 Januari 2011

Terjemah Hadist Tentang Jual Beli

Jual beli
Bab mencari dan  memperoleh harta yang halal
Bagian pertama
2759. (1) dari miqdad bin makdikariba berkata : bahwa rosulullah saw bersabda : tidaklah salah seorang diantara kamu semua memakan secuil dari kebaikan kecuali memakan sesuatu dari jerih payahmu, karena nabi daud as beliau makan dari hasil jerih payahnya sendiri (hr. bukhori).
2760. (2) dan dari abu huroirooh ra berkata  : bahwa rosul saw bersabda : sesungguhnya allah itu maha baik dan tidk menerima kecuali kebaikan, sesungguhnya allah menyuruh orang mu’min seperti apa yang di perintahkan kepada para rosulnya, allah berfirman : hai para utusan makanlahh ddiantara rizki yang baik-baik dan berbuatlah yang baik pula dan juga berfirman : “ Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu ….” (QS. Albaqarah 172), kemudian …..menjulurkan tangannya ke atas seraya berkata : ya tuhan! Ya tuhan! Makanannya adalah haram, minumannya haram, pakaiannya haram, ……..
2761. (3) dan dari abi huroiroh  ra berkata : akan dating pada manusia suatu zaman yang tidak akn dihiraukan apa yang diambil dari seseorang, apapun dari yang halal ataupun dari yang halal (hr. bbukhori).
2762. (4) dan dari nu’man bin basyir berkata : bahwa rosulullah  saw bersabda : …..
2763. (5) dan dari rofi’ bin khodij berkata : rosulullah saw bersabda : jua beli anjing adalah buruk, pemelcuran adalah buruk, dan berbekam adalah buruk (muttafaq alaih)
2764. (6) dan dari mas’ud al ansory berkata : bahwa sesungguhnya rosulullah saw melarang jual beli anjing, pemelacuran, dan juga pemberian-pemberian pada dukun (muttafaq alaih)
2765. (7) dan dari abi hujaifah berkata : bahwa sesungguhnya nabi saw melarang jual beli darah, jual beli anjing, pemelacuran, dan melaknat orang yang memakan harta riba, wakilnya, penyalur dan yang menyalurkan serrta penakarnya (hr. bukhori).
2766. (8) dan dari jabir ra bahwa ia mendengar dari rosul saw bersabda pada waktu aam fathu ketika di makkah : sesungguhnya allah dan rosulNya mengharamkan jual beli komr, bangkai, babi, dan berhala, dan dikatakan : hai rosulullah, apakah engkau tahu lemak bangkai ? bahwa ia di pakai untuk mengecat perahu, meminyaki kulit. Dan manusia memakainya ? beliau bersabda : tidak, itu haram “ lalu berkata ketika itu : allah telah membinasakanorang yahudi, karena ketika allah mengharamkan lemaknya  mereka membaguskannya, kemudian mereka menjualnya dan memakan hartanya (muttafaq alaih).

2767. (9) dan dari umar ra berkata : bahwa sesungguhnya rasulullah saw bersabda : allah telah membinasakan orang yahudi, mengharamkan bagi mereka lemak, karena mereka membuatnya indah dan menjualnya. (muttafaq alaih)
2768. (10) dan dari jabir ra berkata bahwa rasul melarang jual beli anjing dan ……(muslim)
2769. (11) dan dari anas ra berkata : …..

Bagian kedua
2770. (12) dari aisyah ra berkata : nabi bersabda : sesungguhnya apa-apa yang paling baik kamu sekalian makan adalah dari jerih payahmu, sesungguhnya anak keturunanmu adalah dari semua usahamu. (tirmidzi, nasa’I, dan ibnu majah), dan dalam riwayat abu daud dan ad darimi : sesungguhnya apa-apa yang paling baik di makan seseorang adalah dari jerih payahnya, karna anaknya dari semua usahanya.
2771. (13) dari abdillah bin mas’ud ra berkata : dari rosuullah saw bersabda : tidaklah seseorang mencari harta yang haram, di shodaqohkan maka itu semua diterima tapi tidaklah bermanfaat…..
2772. (14) dari jabir ra berkata bahwa rosulullah bersabda : tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram, dan setiap daging yang tumbuuh dari sesuatu yang haram maka neraka adalah tempat yang tepat untuknya (hr. ahmad, ad darimi, dan baihaqi dalam bab “syu’bul iman”).
2773. (15) dari  hasan bin ali ra berkata dia mengingat dari rasulullah saw bersabda : tinggalkan apa yang meragukanmu sampai pada yang tidak meragukanmu, sesungguhnya kejujuran itu menenangkan dan sesungguhnya kebohongan itu meragukan (hr ahmad, tirmidzi, nasa’I, dan ad darimi dalam “faslul awwal”)
2774. (16) dari wabisoh bin ma’bad ra berkata : rasulullah saw bersabda : hai wabisoh, kamu dating dengan pertanyaan tentang kebajikan dan kejelekan , aku berkata : ya, dia berkata : rasul mengumpulkan jari tangannya kemudian menepuk dadanya dan bersabda : …….tiga kali, kebajikan adalah yang menjadikan tenangnya hati dan jiwa,sedang kejelekan adalah yang terbesit dalam hati dan meragukan hati ……(ahmad dan ada darimi)
2775. (17) dari athiyyah as sa’diyi ra berkata : rasul saw bersabda : ….
2776. (18) dari anas ra berkata : bahwa rasulullah melaknat dalam komr 10 hal : membuat dan yang dibuatkan, yang meminum, yang membawa, yang dibawakan, yang menyupali dan yang menjual, ang memakan hasilnya, yang membeli dengan harta itu dan juga yang di belikan. (tirmidzi dan ibnu majah)
2777. (19) dari umar ra berkata : rasulullah saw bersabda : allah melaknat komr, peminumnya, pembuatnya, penjualnya, yang menjualkan, yang mengolah dan yang diolahkan, serta pembawanya dan yang dibawakan (abu daud dan ibnu majah)
2778. (20) dari muhaisoh ra berkata : sesungguhnya dia izin pada rasulullah untuk alas an bekam dan rasul melarangnya, dan tetap tidak mengizinkannya, …..
2779. (21)  dari abu huraoiroh ra berkata bahwa rasulullah saw melarang jual beli anjing, dan meperkerjakan pelacuran “riwayat dalam syarhu as sunnah”.
2780. (22) dari abi umamah ra berkata : rasul saw bersabda : janganlah kalian menjual budak perempuan, membelinya, mengajar mereka, jual beli atasnya adalah haram, dan dalam ayat alquran yang menjelaskan “dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan Perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan”(lukman 6 ), (Hr ahmad, tirmidzi dan ibnu majah), Dan tirmidzi berkata : ini adalah hadis ghorib, sedangkan ali bin yazid mendo’ifkan hadis tersebut.
Dan jabir menyebutkan : rasul melarang makan dagingkucing dalam bab “ma yahillu akluhu” kalau allah berkehendak.
Bagian ketiga
2781. (23) dari abdillah bin mas’ud  ra berkata : rasul saw bersabda : mencari harta yang halal itu sangat diwajibkan, hr. baihaqi dalam su’bul iman.
2782. (24) dari ibnu abbas ra. Berkata : sesungguhnya dia (rasul) telah di Tanya tentang bayaran menulis mushaf, maka beliau menjawab: tidak apa-apa, karena mereka adalah penulis dan mereka makan harta dari jerih payahnya, hr. rozin
2783. (25) dari rofi’ bin khodij berkata : dikatakan : ya rasulullah , apakah pekerjaan yang paling baik? Orang yang bekerja dengan tanggannya sendiri, dan setiap jual beli  yang baik. Hr. ahmad
2784. (26) dari abu bakar bin abi maryam berkata : miqdam bin bin ma’di mempunyaigadis yang disuruh menjual susu dan dia (miqdam) membawa hasilnya, dikatakan baginya : maha suci allah swt, dia (gadis) menjual susu dan dia (miqdam) membawa hasilnya?, maka dia berkata: iya, tidak apa-apa kan, saya mendengar dari rasulullah saw bersabda : benar-benar akakn dating zaman dimana tidaklah bermanfaat apapun kecuali dinar dan dirham. Hr. ahmad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar